Sekarang Waktu Terbaik

Hidup ini singkat, kita tidak bisa hidup selamanya, setiap orang akan mati, itu yang dikatakan Al Quran. Jika kita melihat rata-rata umur manusia saat ini, sekitar 60 tahunan, termasuk Nabi kita yang meninggal pada usia 63 tahun. Coba renungi, sudah sejauh mana kita hidup? Sudah seperempatnya? Setengahnya? Atau sudah mendekati?

Sudah kehendak Allah, kita dihidupkan dan dimatikan, tugas kita hanyalah menjalaninya sesuai dengan kehendak Sang Pencipta. 60 tahun bukan waktu yang lama, sering kita mendengar "tanpa terasa", seolah masa kecil kita baru kemarin, seolah-olah baru beberapa tahun menikah ternyata anak sudah besar.
Ini seharusnya menjadi motivator utama bagi kita, bahwa hidup itu singkat dan hanya diberikan kesempatan sekali. Jadi kalau tidak sekarang untuk berbuat yang berarti mau kapan lagi. Berbuatlah yang berarti selagi hidup, baik untuk Anda sendiri, keluarga dan masyarakat. Tidak perlu anda menakuti kematian, yang perlu ditakutkan ialah anda tidak membawa "bekal" apa-apa saat kematian menjemput anda. Mati bukan masalah, yang menjadi masalah adalah jika kita mati kita belum siap, tidak ada atau sangat sedikit amalan yang pernah kita lakukan, sebagai bekal setelah kematian.
Jangan biarkan mimpi anda di awang-awang terus, sudah saatnya anda mulai meraihnya. Tidak ada kata besok, mulai detik ini juga. Raihlah mimpi anda sekarang juga karena boleh jadi kesempatan untuk anda tinggal sedikit. 60 tahun adalah angka rata-rata, bisa jadi bagi anda kurang dari itu, siapa tahu? Tidak satupun orang di dunia ini yang mempunyai jaminan akan meninggal pada usia 60 tahun. Tidak ada.
Mulailah hari ini juga anda berbuat sesuatu yang berarti, jangan permasalahkan yang sudah lewat kecuali tobat jika anda telah berbuat dosa. Setiap pilihan yang anda buat, setiap kegiatan yang anda lakukan akan membentuk kisah anda, yang suatu waktu kelak di akhirat akan dibacakan atau diperlihatkan dimana tangan, kaki, mata dan semua anggota tubuh anda menjadi saksi.
Kematian bukan suatu alasan untuk malas. Jika anda ditakdirkan mati besok maka hari ini adalah saat anda untuk melakukan yang terbaik. Jika anda akan hidup seribu tahun lagi, maka hari ini juga anda harus berbuat sebagai persiapan masa depan anda yang masih panjang. Tidak ada alasan untuk diam saja, sekedar melewatkan waktu tanpa arti.
Waktu yang berlalu meskipun satu detik tidak bisa kembali lagi. Jatah hidup anda berkurang terus. Oleh karena itu setiap detik waktu anda harus selalu diisi oleh segala yang bermanfaat. Anda tidak bisa mengganti waktu yang berlalu dengan apa pun, sebanyak apapun harta anda tidak bisa membeli untuk kembali kehari kemarin, satu jam yang lalu bahkan detik yang lalu. Waktu selalu dan terus berjalan mengantarkan anda menuju fakta kehidupan yaitu mati.
Tidak ada waktu yang lebih baik selain sekarang untuk memulai hidup yang baik. Anda tidak perlu untuk menciptakan ulang kehidupan anda di waktu yang sudah lewat. Mulailah meskipun hanya dengan satu langkah, yang penting anda memulai, jangan ditunda untuk besok. Ingat mengelilingi dunia dimulai dengan satu langkah. Anda tidak akan bisa mengelilingi dunia, tanpa langkah pertama anda. Waktu terbaik untuk memulai langkah Anda adalah hari ini, sekarang juga.  

About mentari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment