Tau Gak Sih, Hari Ini SMS Berusia 20 Tahun


Tahukah Anda bahwa hari ini Short Messaging Services atau yang dikenal dengan nama SMS sedang berulang tahun yang ke-20.

Hari ini SMS berusia 20 tahun

Setelah dikembangkan oleh Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert di tahun 1984, Neil Papworth menggunakannya untuk mengirimkan pesan teks singkat pertama kali ke seseorang bernama Richard Jarvis. Ironisnya, sang pembuat tidak begitu terkenal dibandingkan sangpengirim SMS.

Sebelum sosial media atau juga BlackBerry Messenger (BBM) merajai dunia texting untuksaat ini, beberapa tahun lalu, SMS adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan pengguna handset untuk berkomunikasi dengan penggunalainnya.

Irish Times (03/12) melansir bahwa sampai akhir tahun lalu saja, lebih dari 3 miliar pesan teks singkat dikirimkan. Dalam satu menitnya, sekitar 15 juta SMS dikirimkan dengan menggunakan perangkat mobile.

Memang awalnya, pengiriman SMS hanya dapat terjadi untuk satu operator yang sama saja. Dengan perkembangan teknologi, maka setiap pengguna handset dapat mengirimkan pesan teks singkat lintas operator.

Bahkan ada situs dan software khusus yang menawarkan jasa pengiriman SMS via PC keperangkat mobile.

Walaupun sekarang ini, situs-situs jejaring sosial, aplikasi chatting atau juga BBM dan sejenisnya marak bermunculan, akan tetapi keberadaan SMS masih tetap diperhitungkan. Hal tersebut dibuktikan dengan masih eksisnya fitur SMS di dalam perangkat handset paling baru sekalipun.

Namun, apakah fitur seperti SMS, MMS atau juga EMS ini akan tetap bertahan sampai beberapa tahun ke depan? Well, ada yang mengatakan bertahan, ada pula yang mengatakan bahwa fitur tersebut tidak lama lagi segera 'punah.'

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment