Perjuangan Gadis Pakistan Demi Pendidikan Meskipun Tertembak di Kepala


Ladies, isu kesetaraan pendidikan bagi pria dan wanita sudah pudar seiring berjalannya waktu. Pria dan wanita di Indonesia bisa menempuh pendidikan tanpa perbedaan. Tetapi kondisi ini berbeda di negara Pakistan, anak perempuan masih sulit bahkan dilarang menempuh pendidikan.

Perjuangan Gadis Pakistan Demi Pendidikan Meskipun Tertembak di Kepala

Hal ini membuat seorang gadis remaja berusia 15 tahun memperjuangkan pendidikan bagi kaumnya. Malala Yousafzai adalah nama gadis ini. Dia hampir kehilangan nyawanya setelah ditembak oleh pria bersenjata Taliban setelah menulis di sebuah blog mengenai pentingnya pendidikan bagi perempuan.

Malala tidak menyerah, selama masa pemulihan di rumah sakit, dia tetap aktif membaca dan berterima kasih atas perhatian warga dunia pada perjuangannya. Mari simak kegigihan gadis muda yang pemberani dan penuh inspirasi ini.


Tertembak Demi Pendidikan Untuk Perempuan

Tertembak Demi Pendidikan Untuk Perempuan



Tanggal 9 Oktober menjadi hari yang suram bagi Malala, seorang pria menembak kepala dan memukulinya. Kondisi yang sangat kritis itu membuat Malala diterbangkan ke Inggris untuk menjalani pengobatan di Birmingham Queen Elizabeth Hospital. Gadis remaja ini hampir kehilangan nyawa karena peluru yang ditembakkan nyaris mengenai otaknya, bagian yang sangat vital.

Sebelum penembakan terjadi, Malala ada di van sekolahnya di pinggir kota Mingora, kemudian beberapa orang bersenjata menghentikan kendaraan itu. Orang-orang bersenjata itu meminta gadis lain mengidentifikasi Malala, yang pada awal 2009 telah menulis sebuah blog tanpa nama tentang kehidupan di bawah Taliban. Blog itu juga menceritakan larangan sekolah bagi semua perempuan di daerah tersebut.

Keberanian Malala menyuarakan perjuangan membuat pria bersenjata menembaknya dan memukul dia di bagian kepala dan leher, demikian menurut para pejabat setempat seperti dilansir Dailymail.

Dukungan Dunia Untuk Malala

Dukungan Dunia Untuk Malala


Penembakan yang dialami Malala mendapat perhatian besar di seluruh dunia, bahkan memicu kemarahan internasional. Pihak Taliban sendiri mengeluarkan pernyataan secara online bahwa jika Malala selamat dan bertahan hidup, mereka akan menyerangnya lagi.

Sementara itu, ribuan orang bersimpati atas perjuangan dan keberanian Malala menentang peraturan di tempat tinggalnya. Selama dirawat, Malala banyak mendapatkan dukungan berupa surat, kartu ucapan dan gambar. Termasuk beberapa hadiah untuk menemani masa pemulihannya, antara lain buku sekolah, CD lagu, uang saku, mainan, pakaian, perhiasan dan sebagainya. Dari semua hadiah itu, tampaknya Malala menyukai buku, karena waktu di rumah sakit dihabiskan untuk membaca.

Melihat banyaknya dukungan untuk Malala, ayah gadis ini mengatakan dia sangat tersentuh pada perhatian warga dunia untuk putrinya. "Saya berterima kasih kepada semua cinta dari para simpatisan dan mengutuk upaya pembunuhan pada Malala, yang berdoa untuk kesehatan dan mendukung perdamaian, pendidikan, kebebasan berpikir dan kebebasan berekspresi.

Malala sendiri mengatakan bahwa dia bersyukur dan kagum pada pria, wanita dan anak-anak di seluruh dunia yang telah memberi perhatian pada kesehatan dan kondisi Malala.



Nobel Perdamaian Untuk Malala

Nobel Perdamaian Untuk Malala


Keberanian gadis muda ini menuai pujian, tidak hanya perjuangan untuk bertahan hidup, tetapi juga keberanian Malala dalam menyerukan hak-hak perempuan dan anak perempuan di Pakistan. Ribuan hadiah dan kartu ucapan yang dia terima sejak tiba di Birmingham pada tanggal 15 Oktober rasanya tidak cukup.

Di Inggris, Shahida Choudhary berkampanye pada Perdana Menteri dan politisi terkemuka untuk menulis kepada komite Nobel Perdamaian untuk merekomendasikan Malala. Menurutnya, Malala tidak hanya sekedar wanita muda, dia telah menyuarakan pendapatnya agar semua orang mendapatkan pendidikan tanpa membedakan jenis kelamin. Shahida Choudhary juga salah satu pejuang pendidikan dari Pakistan yang melarikan diri ke Inggris karena dipaksa menikah saat berusia 16 tahun.

Perjuangan Malala belum berakhir, ditambah lagi dengan kecaman pihak Taliban yang masih mengincar nyawanya. Semoga kesehatan Malala segera pulih dan mendapat bantuan dari banyak pihak agar semua orang bisa mendapatkan pendidikan yang layak tanpa batasan jenis kelamin ataupun gender.

via: vemale.com

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment