Wow, Ritual Perkawinan Laba-Laba Merak yang Spektakuler


Dunia ilmu pengetahuan sampai saat ini mengenal ada 20 spesies laba-laba merak, tetapi hanya delapan jenis yang secara resmi telah diidentifikasi oleh para ilmuan.


Ukuran laba-laba merak begitu kecil sehingga Anda bisa menaruh sepuluh dari mereka pada kuku jemari Anda. Laba-laba berwarna indah ini dapat ditemukan di Queensland dan New South Wales di Australia.

Laba-laba ini tampil dengan sangat dramatis sehingga tampak mereka seperti sedang bersiap-siap untuk menyerang musuh, akan tetapi sebenarnya tampilan berwarna-warni dari laba-laba merak pejantan ini merupakan ritual perkawinan.



Serupa dengan burung merak, di mana laba-laba ini mendapat julukannya dari kelopak perut pejantan yang bisa berkedip dengan warna cerah, warna-warni yang dimiliki pejantan digunakan untuk menarik betina.


Ketika laba-laba merak jantan ingin mengawini betina, maka mereka akan memulai ritual kawin dengan mengangkat kaki dan kelopak pada perutnya dengan kedipan warna-warninya dalam urutan yang terlihat seperti rutinitas tarian.


Para betina dengan hati-hati mempelajari pewarnaan, getaran dan gerakan dari pejantan untuk memastikan pelamar potensial adalah sehat dan spesies yang baik untuk dikawini.


Setelah pejantan telah mengawini betina, maka dia akan mengulangi tarian ini dengan betina lain sebanyak ia dapat menemukan laba-laba, pejantan dapat memiliki beberapa pasangan dalam satu waktu. Spesies laba-laba merak pertama kali dijelaskan oleh Octavius ​​Pickard-Cambridge di akhir abad kesembilan belas. Dia mengatakan pada saat itu: “sulit untuk menggambarkan secara baik mengenai keindahan warna-warni dari laba-laba ini.”


Foto-foto yang ditampilkan di sini diambil oleh entomologi Jurgen Otto, yang telah diterbitkan dalam Sebuah review ilustrasi dari laba-laba merak yang dikenal dari genus Maratus dari Australia. Laba-laba warna-warni kecil  ini semua berasal dari genus Maratus dari arakhnida, dan anggota dari keluarga Salticidae laba-laba pelompat.


Laba-laba merak khususnya verpertilio Maratus juga dikenal dengan kilasan warna-warni perut mereka selama berkelahi dengan pejantan lain.

Jika Anda ingin menonton video perkawinan laba-laba merak di link Youtube berikut link 1 dan link 2

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment