Taukah Kamu, Tiap 20 Menit Terjadi Perkosaan di India


Warga India berunjuk rasa besar-besaran menuntut hukuman lebih berat kepada pelaku pemerkosaan di negeri itu.

Tiap 20 menit terjadi perkosaan di India

Situs merdeka melaporkan, Ahad (23/12), menurut catatan pemerintah India, saat ini dalam 20 menit bisa terjadi pemerkosaan terhadap seorang perempuan. Serangan perkosaan di negeri itu makin meningkat namun hukuman kepada pelaku justru menurun.

Dalam setahun terakhir terjadi sejumlah kasus perkosaan yang menimbulkan kemarahan warga seantero India.

Salah satu yang paling mengejutkan adalah serangan terjadi di Negara Bagian Haryana. Shabnam, 16 tahun, diperkosa delapan laki-laki di desanya. Para pelaku bahkan merekam video kebejatan mereka menggunakan telepon seluler.

Ketika ayah korban mengetahui video itu sudah tersebar luas di desanya dia pun bunuh diri karena malu. Bagi keluarga Shabnam di desanya, masalah martabat adalah harga mati. Menurut remaja pemberani itu, banyak korban perkosaan takut mengaku atau malu. “Saya tidak ingin pengorbanan ayah sia-sia. Saya ingin semua pelaku diganjar hukuman setimpal supaya perempuan lain tidak mengalami kejadian serupa.”

Luka fisik Shabnam telah pulih namun ibunya, Rani, khawatir putrinya takkan sepenuhnya sembuh secara psikologi dari kejadian itu. “Putri saya takut dan stres. Dia hampir tak bisa berbicara saking banyak ketakutan dalam pikirannya,” kata Rani.

Kejadian di Haryana menggambarkan keadaan sosial di seantero India. Warga India masih banyak mempraktikkan pembunuhan bayi perempuan atau aborsi janin. Itu menyebabkan perbandingan jumlah laki-laki dan perempuan tidak seimbang. Di Haryana jumlah anak perempuan ada 830 dan laki-laki 1000.

Pembela hak-hak perempuan Rishi Kant menyatakan masalah ini tertanam di kehidupan masyarakat India. “Kita menghadapi masalah pembunuhan bayi perempuan dan aborsi janin jadi jumlah perempuan lebih sedikit. Ini mendorong laki-laki memperkosa. Mereka harus segera dihukum.”

Pekan lalu enam pria memperkosa seorang mahasiswi di atas bus di Ibu Kota New Delhi, India. Hal itu memicu kemarahan warga. Ribuan orang berdemonstrasi menuntut pelakunya dihukum setimpal.

New Delhi mempunyai jumlah kejahatan seks tertinggi dibanding kota lain di India. Tiap 14 jam terjadi penyerangan seksual dan menyisakan trauma pada korbannya.

Pemerintah India berjanji bakal menghukum seumur hidup bagi pelakunya. Lima dari tersangka langsung ditangkap beberapa jam setelah kejadian, sementara satu orang lagi baru dibekuk hari Jumat.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment