Wow, Keju Termahal di Dunia Ternyata Terbuat dari Susu Keledai


Zasavica, salah satu area sumber daya alam di Serbia yang terkenal sebagai tempat populasi berang-berang dan burung, mungkin akan semakin populer karena produk keju keledainya. Bagaimana tidak, keju dari susu keledai di sana kabarnya dihargai 1000 euro (sekitar Rp 12 juta) per kilogram!

Keju termahal sedunia terbuat dari susu keledai

Seperti yang dilansir dari Mpelembe.net, ada peternakan keledai di Zasavica yang letaknya 80 kilometer dari barat Belgrade, ibukota Serbia. Kabarnya peternakan tersebut adalah satu-satunya tempat keledai diambil susunya untuk dijadikan keju.

"Kami sebenarnya ingin menjaga eksistensi keledai dan melindungi agar mereka tidak terancam punah. Maka dari itu kami menciptakan keju dari susu keledai dan berharap orang-orang mau menerimanya," terang kepala peternakan, Slobodan Simic.

Di dalam peternakan, ada sekitar 130 keledai jantan dan betina yang dibiakkan. Keledai betina diambil susunya tiga kali sehari dengan tangan, sebab tidak ada alat pemerah susu untuk ukuran keledai.

Susu keledai sendiri disebutkan mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, susu keledai merupakan agen anti alergi, terdiri dari satu persen lemak saja, dan sebaiknya diminum mentah-mentah karena saat direbus nutrisinya akan menghilang. Susu keledai juga kaya akan vitamin C sebanyak 60 kali lebih tinggi daripada susu sapi.

Namun karena satu keledai betina hanya menghasilkan dua desiliter susu per hari dan dibutuhkan 25 liter susu untuk membuat satu kilogram keju, harganya menjadi sangat mahal.

"Tidak ada orang yang memproduksinya di dunia karena terlalu mahal. Tetapi kami berani melakukannya dan memang akhirnya membuatnya dikenal sebagai keju termahal di dunia. Tetapi keju ini benar-benar berharga dan pantas dibayar mahal," ujar Simic.

Simic pun berharap Zasavica bisa mengekspor keju keledai ke Inggris, Jerman, dan seluruh dunia.

Bagi orang yang tidak suka keju, ada cara lain untuk mendapatkan khasiat kesehatan susu keledai. Misalnya menggunakannya untuk mandi seperti ratu Mesir, Cleopatra, demikian menurut legenda.

Harga mandi susu tentunya juga tak kalah mahal dengan keju keledai. Bayangkan, mandi susu keledai sekali saja membutuhkan ongkos 5.000 euro atau sekitar Rp 60 juta.

via: merdeka.com

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment