Wow, Api Biru Kawah Ijen Ternyata Hanya Ada 2 di Dunia


Kawah Ijen memilki sunrise dan kawah hijau yang memukau. Tak hanya itu, Kawah Ijen juga punya fenomena api biru yang hanya ada 2 di dunia. Wow! 


"Kawah Ijen itu juga unik, dia punya api biru yang hanya ada dua di dunia," kata Wamenparekraf, Sapta Nirwandar saat jumpa pers Banyuwangi Festival di Lantai 17, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (14/11/2012). 

Hal ini pun dibenarkan oleh eco tourim consultant, David Makas di acara yang sama. Fenomena api biru atau yang dikenal blue fire di Kawah Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur ini rupanya sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. 

"Api biru ini hanya ada dua di dunia, satu lagi di Islandia," kata David. 

David menambahkan, untuk melihat api biru ini, wisatawan harus datang pada waktu pagi tepatnya saat subuh. Hanya saat itulah, api biru terlihat jelas. 

"Kebanyakan wisatawan mancanegara yang datang melihat ini. Saat itu ada ratusan orang yang melihat api biru ini," lanjutnya. 

Hal ini pun menjadi fenomena alam yang menakjubkan. Api biru di Kawah Ijen merupakan hal unik, langka, dan menjadi daya tarik sendiri. Ini pun menambah kecantikan Kawah Ijen, setelah sunrisenya. 

"Ini langka dan unik, saya belum pernah melihat langsung. Tapi membayangkannya saja sudah indah sekali," kata Sapta Nirwandar sumringah.

via: travel.detik.com

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment