NASA Uji Coba Internet Antar Planet


NASA dan European Space Agency (ESA) mengumumkan bahwa mereka telah menguji sebuah protokol komunikasi jenis baru. Uji coba ini direncanakan akan menjadi tulang punggung teknologi internet antar planet di masa depan.


"Internet eksperimental yang kami uji dari stasiun luar angkasa ini suatu hari nanti akan digunakan oleh manusia atau pesawat antariksa di orbit sekitar Mars untuk mengendalikan robot di permukaan Planet Merah itu," ujar Deputy Associate Administrator for Space Communications and Navigation, Badri Younes.


Dilansir dari Mashable, Sabtu (10/11/2012), protokol komunikasi yang mereka gunakan disebut sebagai Disruption Tolerant Networking (DTN). Melalui cara ini, data bergerak di jaringan dengan lompatan.

Sementara waktu menunggu kehadiran link kelanjutannya, paket data disimpan untuk sementara dan baru dikirimkan ketika telah ada link.


Eksperimen NASA dan ESA dirancang untuk menyimulasikan situasi ketika Astronot sedang mengorbit di sekitar Bulan atau Mars dan mengendalikan robot penjelajah (seperti Curiosity) di permukaan planet.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment