Agar Anak Gemar Membaca




Banyak anak-anak saat ini tidak suka membaca. Mereka lebih memilih bermain console games atau berselancar di Internet serta mengunjungi jejaring sosial. Padahal, membaca adalah kegiatan penting. Kita bisa mendapat banyak pengetahuan dengan membaca.


Bagi para orang tua, berikut 10 langkah agar anak-anak suka membaca yang dikutip dari Yahoo Shine.

1. Biarkan anak memilih.
Saat mengajak anak ke perpustakaan atau toko buku, biarkan mereka memilih buku yang disukai. Tentu saja kita perlu memberi tahu buku mana yang cocok, tak masalah dia memilih buku Barbie atau Strawberry Shortcake. Yang terpenting menumbuhkan minat mereka membaca.

2. Ketahui kemampuan membaca.
Dengan mengetahui kemampuan membacanya, Anda dapat membantu membuat pilihan bahan bacaan yang menarik minat mereka. Buku yang terlalu ringan mungkin membosankan, tapi terlalu berat bisa membuat mereka tidak tertarik.

3. Tidak harus buku.
Sumber bacaan tidak selalu buku. Ada banyak sumber lainnya, seperti majalah, koran, komik, dan buku audio. Coba kenalkan mereka dengan berbagai bacaan itu.

4. Sediakan waktu untuk berdongeng
Coba ajak anak Anda ke perpustakaan atau toko buku yang menggelar program berdongeng. Bila tak ada waktu, coba bikin dongeng versi Anda sendiri dan ajak anak Anda mendengarkannya.

5. Buku dan Film.
Banyak film yang berawal dari sebuah buku. Coba cari buku yang dijadikan film, lalu tonton bersama, setelah itu baca bukunya. Kemudian bandingkan antara buku dan filmnya. Kegiatan ini bisa dimulai sejak dini bagi anak Anda. Apalagi sekarang banyak film Disney yang sudah dibukukan. Pasti seru.

6. Buatlah tempat membaca.
Membaca bisa menjadi hal menyenangkan bila dilakukan di tempat yang nyaman. Coba buat tempat khusus di rumah untuk buku-buku. Sediakan rak dan beberapa kursi yang nyaman atau karpet. 

7. Berikan contoh.
Jangan hanya menyuruh anak Anda untuk membaca. Berilah contoh, sering-seringlah membaca di rumah, membaca apapun, dijamin si anak pasti mengikutinya.

8. Luangkan waktu khusus.
Anda punya waktu khusus untuk makan di luar bersama keluarga? Nah, sekarang coba buat waktu khusus untuk membaca. Kasih tahu anak bahwa malam ini saatnya membaca buku.

9. Tanya anak Anda.
Setelah anak Anda membaca sebuah buku, coba ajak mereka berdiskusi. Tanya dia soal buku itu dan karakter tokohnya. Ini membantu mereka untuk menyimpulkan sebuah buku. Tanya pertanyaan yang kritis, misalnya, "Apa yang terjadi selanjutnya dengan si dumbo?"

10. Membacakan.
Rajin-rajinlah membacakan cerita bagi anak. Coba bacakan buku-buku yang menarik, seru dan ada pesan moral di dalamnya. Buku yang menarik bisa mengasah imajinasi dan kreatifitas mereka.


About mentari

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment