Robot Indonesia Juarai Kontes di Amerika Serikat




http://static.liputan6.com/201104/110413dkontes-robot.jpg

Sejumlah anak muda kembali mengharumkan nama Indonesia. Para mahasiswa ini, berhasil membuktikan mampu berprestasi di tingkat dunia melalui kontes robot pemadam kebakaran internasional di Trinity College, Connecticut, Amerika Serikat.
Dalam kontes ini, robot bernama Yaqut ada di peringkat satu. Dengan kakinya, robot buatan mahasiswa Institut Teknologi Bandung ini melangkah mencari dan memadamkan api di suatu ruangan. Robot ini juga sanggup membunyikan alarm, jika ada api di dekatnya.




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi25ofwD3kXhhM9ww_d3ujMhyzTKxyb0ZEKoifcGkeUQ7o1CO60DTA6xEDalDzoitd-zKaux3E_sUa7I-aTGviEMzgl-u8Y39EBSF8yzrrvoHXwbDXewpCQCbk852WpOgtBvtSQvyXnIXFj/s320/Robot_ITB.jpg

Yaqut atau asa adalah satu dari tujuh robot yang disertakan dalam kontes robot pemadam kebakaan di AS. Robot lain karya anak bangsa yang diikutkan dalam ajang ini, yaitu bernama Koplax, Iron Fire, dan Zarqun. Robot yang disebutkan terakhir ada di posisi dua.

Selain mahasiswa ITB, mahasiswa yang mengharumkan nama bangsa berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Unikom Bandung. Sepulang dari Amerika Serikat, Rabu (13/4) siang, mereka di arak berkeliling Jakarta dan berakhir di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional.

Dalam kontes ini, yang dinilai adalah kecepatan robot bergerak dari titik awal, memadamkan api yang diletakkan secara acak di sebuah ruang, hingga kembali ke titik awal lagi. Yaqut mencatat waktu tercepat yaitu sepuluh detik. Viva Indonesia!

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment