Kupu- Kupu yang Mempunyai Pengetahuan Fisika


Rupa kupu-kupu sangat mengagumkan. Makhluk ini, dengan sayap aneka warna dan cara terbang yang anggun seperti perhiasan hidup, adalah di antara sumber keindahan yang diciptakan Allah bagi kita. Namun, rupa yang hebat bukanlah satu-satunya ciri kupu-kupu. Makhluk yang berusia pendek ini terkadang melakukan perhitungan-perhitungan seperti yang dilakukan para pakar. Misalnya, seperti ngengat yang kita bahas sebelum ini, panas tubuh seekor kupu-kupu harus berada pada tingkat tertentu agar ia bisa terbang. Mari kita perhatikan apa yang dilakukan kupu-kupu untuk mengatasi persoalan tersebut.



Kupu-kupu colia tidak dapat terbang ketika suhu tubuhnya berada di bawah 28oC (83oF). Kalau sudah begini, kupu-kupu akan membuka sayapnya untuk membuka sisi atasnya agar terkena matahari, dan mengumpulkan limpahan sinar matahari pada sudut yang tepat. Jika suhu tubuhnya meningkat hingga 40oC (104oF), kupu-kupu itu akan berputar 90 derajat, lalu menerima sinar matahari secara horizontal. Dengan tindakan ini, kupu-kupu dapat menyerap panas sesedikit mungkin melalui sayapnya, sehingga suhu tubuhnya menurun.
Selain itu, jenis kupu-kupu ini memiliki bintik gelap kecil pada sayap-sayapnya. Bintik ini, yang berfungsi untuk mempertahankan suhu tubuh yang lebih tinggi, tidak berada di sembarang tempat. Bintik-bintik tersebut berada di dekat titik-titik tubuh yang paling membutuhkan kehangatan. Berkat rancangan yang istimewa ini, pengiriman panas dari bintik-bintik yang menghangat dengan cepat ini ke bagian tubuh lainnya menjadi lebih mudah karena jarak yang harus ditempuh untuk mengirimkan panas kini diperpendek.


Jenis kupu-kupu lainnya menggunakan cara yang sama untuk meningkatkan suhu tubuh mereka. Kalian semua tentu mengetahui apa yang dimaksud dengan lensa. Beberapa lensa ada yang digunakan untuk memperbesar gambar, sementara jenis lensa lainnya ada pula yang digunakan untuk menghasilkan gambar-gambar objek yang diperkecil. Contohnya, kacamata yang terdiri dari sepasang lensa. Di samping fungsi ini, sebuah lensa yang dihadapkan pada matahari melalui sudut yang tepat dapat memusatkan sinar-sinar matahari pada titik tertentu. Cara ini bahkan dapat menyalakan api. Sama dengan cara kerja lensa ini, jenis kupu-kupu lainnya mengarahkan sayapnya pada matahari sedemikian rupa sehingga semua sinar terpusat pada bagian-bagian tertentu di tubuhnya yang paling membutuhkan kehangatan, dengan cara yang sama seperti sebuah lensa bekerja.

Kupu-kupu jelas tidak memiliki pendidikan dalam bidang fisika atau bidang-bidang lainnya. Mereka tidak dapat mengetahui sifat lensa. Mereka tidak mengetahui sudut mana yang akan menerima jumlah panas terbanyak. Allah, yang Menjaga dan Melindungi segala hal, mengilhami kupu-kupu tentang apa yang harus mereka lakukan untuk mengatur suhu tubuhnya. Sebagaimana Allah telah mengingatkan kita dalam sebuah ayat:
... Allah Maha Mengawasi segala sesuatu (QS Al-Ahzab: 52

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment