"Armadillo" Hewan Penebar Penyakit Lepra



http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/05/02/1724351620X310.jpg

Penjelajah Eropa pada 500 tahun lalu, menularkan lepra (kusta) ke Armadillo di daerah jajahan mereka. Bukti baru menunjukkan, bahwa kini Armadillo yang menularkan kembali lepra ke manusia.


http://www.ehdp.com/vn/ro/txu1/eg2/vpd-ug/armadilo.jpg


Hewan mamalia plasental kecil sejenis trenggiling ini, diketahui karena memiliki perisai pada tubuhnya. Dasypodidae adalah satu-satunya famili yang selamat pada ordo Cingulata.

Pada umumnya, panjang normal dari Armadillo ini adalah 75 cm, itu sudah termasuk ukuran panjang ekornya. Armadillo raksasa yang ditemukan, bisa mencapai panjang 90 cm.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVxo1vKkt743RsZKKcNs95dw6Vg1-1wCnw0SMdgzWJQ-oMxblZdn4Cuy0kOQTWx4BT1pwxSiRaOJs_q5S2uOtPOco6hW-VCX5HYzo5pI0E4kxKlQfe36IaJY91Dep8NH4OF8wIna0vFhk/s1600/armadillo.jpg


Habitat asal Armadillo adalah di Amerika, yang hidup pada berbagai lingkungan. Armadillo merupakan satu-satunya binatang yang mengandung bakteri penyebar lepra, Mycobacterium leprae. 

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal kedokteran New England, menyebutkan, galur bakteri penyebab lepra pada 25 orang dari 39 penderita di Louisiana, AS, sama dengan yang ditemukan pada 28 dari 33 jenis Armadillo liar.


http://thundafunda.com/393/images/wallpapers/animals/searching-for-something-long-nose-armadilo-animals.JPG

Dari 15 kasus yang diamati menunjukkan, bahwa delapan orang tertular lepra karena berhubungan dengan pemburu Armadillo. Pushpendra Singh dari Politeknik Federal Ecole di Lausanne, Swiss, kepada LiveScience mengingatkan, kontak manusia dengan Armadillo liar harus dihindari, apalagi memakan dagingnya yang belum matang.


About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment