Pada akhir abad ke-19, rekor jembatan sepertinya datang cepat dan marah. Jembatan Brooklyn, selesai pada 1883, adalah jembatan terpanjang yang membentang di dunia. Sampai seorang insinyur Skotlandia menyelesaikan Firth of Forth Bridge hanya tujuh tahun kemudian.
Sebuah abad baru dibawa lagi, jembatan lebih menakjubkan. Pada tahun 1937, Golden Gate Bridge membentang 8981-kakinya (2.737 meter) kembali di atas perairan berbahaya dari San Francisco Bay.
10. THE HANGZHOU BAY BRIDGE
Jembatan Hangzhou, yang dibuka pada Mei 2008 setelah sembilan tahun perencanaan dan konstruksi, memegang kehormatan sebagai jembatan terpanjang di China . membentang panjang 22 mil (36 kilometer) Sungai Qiantang di Delta Sungai Yangtze, China.
Komuter harus membayar 80 yuan, atau hampir $ 12,untuk menyeberang, tapi biaya tol tidak bisa dibandingkan dengan harga pembuatan jembatan itu sebesar 11,8 miliar yuan ($ 1.72 billion)
Jembatan Hangzhou, yang dibuka pada Mei 2008 setelah sembilan tahun perencanaan dan konstruksi, memegang kehormatan sebagai jembatan terpanjang di China. membentang panjang 22 mil (36 kilometer) Sungai Qiantang di Delta Sungai Yangtze, China. Komuter harus membayar 80 yuan, atau hampir $ 12,untuk menyeberang, tapi biaya tol tidak bisa dibandingkan dengan harga pembuatan jembatan itu sebesar 11,8 miliar yuan ($ 1.72 billion).
9. JEMBATAN BOSPORUS
Selat Bosporus, yang juga dikenal sebagai Selat Istanbul, menghubungkan Laut Hitam ke Laut Marmara. Hal ini juga memisahkan Asia dari Eropa. Meskipun upaya untuk menjembatani tubuh sempit tanggal air kembali ke Kekaisaran Persia, struktur yg paling mengesankan tidak terbuka untuk bisnis sampai 1973. Saat itulah insinyur menyelesaikan Jembatan Bosporus, dgn panjang 4954-kaki (1,51 kilometer-). satu2nya jembatan di dunia yang menghubungkan dua benua sampai adanya Jembatan gantung Fatih Sultan Mehmed, hampir 15 tahun kemudian.
Jembatan Bosporus angkutan lalu lintas antara benua pada dek delapan jalur. Masing-masing arah memiliki tiga jalur untuk kendaraan, ditambah satu jalur darurat dan satu trotoar. Pejalan kaki diizinkan untuk mengakses jembatansampai 1977, ketika pemerintah menghentikan praktek untuk alasan keamanan.Mereka sementara ditangguhkan aturan pada bulan Mei 2005 ketika Venus Williamsdan Ipek Senoglu memainkan pertandingan tenis di jembatan untuk mempromosikan Piala Istanbul di Turki. Fans berkumpul di dua jalur jembatan untuk menontontembakan pemain perdagangan dari Asia ke Eropa dan kembali lagi.
8. GATESHEAD MILLENIUM BRIDGE
Dalam jembatan bascule, satu atau dua potong dek jembatan, yang dikenal sebagai daun, ayunan sampai dengan memberikan izin resmi bagi lalu lintas kapal yang lewat di bawahnya.
Desain ini menang, bukan dengan sistem bascule-tipe nya, tapi dengan mekanisme miringnya yg tdk pernah terlihat. Berikut adalah cara kerjanya. Jembatan yang terdiri dari sepasang lengkungan baja. Dalam “DOWN” posisi, salah satu bentuk lengkungan dek jalur pejalan kaki dan siklus. Lengkungan lainnya duduk di sebuah sudut 90 derajat dengan yang pertama, dengan kabel tegang antara keduanya untuk memberikan dukungan bagi dek. Ketika jembatan harus pindah ke “UP” posisi, delapan motor listrik memiringkan lengkungan sebagai struktur, tunggal kaku. salah satu arch menurunkan,dan yg lainnya naik untuk bertindak sebagai penyeimbang. Jembatan dengan panjang 413 kaki(126 meter) ini dibuka pada tahun 2000, 36.000 orang berbaris di tepi sungai untuk menonton pemiringan perdana jembatan itu.
7. MILLAU VIADUCT
Et voila – Jembatan Millau,jembatan besar yang dibuka pada tahun 2004 untuk membawa jalan tol A75 selatan ke Beziers.
Jembatan Millau berada di ketinggian 270 meter dari permukaan daratan . Jika kamu berdiri diatas gedung bertingkkat 90 maka kamu bisa berada di ketinggian yang sama dengan Jembatan Millau.
Bagi pengemudi kendaraan yang sering melintas di Jembatan Millau , mereka pasti pernah merasakan bagaimana serunya menjadi pilot . karena, Jembatan Millau terkadang tertutup kabut dan awan . Dengan pemandangan kiri-kanan yang penuh awan , pada saat itu para pengendara mobil serasa mengemudikan pesawat menembus awan-awan tebal dari kejauhan , Jembatan Millau pun sangat mudah dikenali . Itu berkat tujuh tiang baja raksasa yang berjejer di sepanjang jembatan . Ketujuh tiang itu “menembus” tepat di tengah-tengah jalan raya di jembatan.
6. OCTAVIO FRIAS DE OLIVEIRA BRIDGE
Dinamakan Octavio Frias de Oliveira, kabel tinggal mencakup jembatan Sungai Pinheiros, yang membagi dua sisi barat kota. Jembatan ini panjangnya 2.953 kaki (900 meter) dan tidak terlalu tinggi, 453 kaki (138meter), tetapi desainnya memiliki dua deck melengkung yang saling silang melalui menara berbentuk X yang mendukung. Kedua jalan raya, tergantung dari menara dengan 144 kabel.
Pengendara sepeda motor melintasi jembatan di malam hari menikmati fasilitas pertunjukan spektakuler dari lampu LED. Sistem pencahayaan memungkinkan otoritas jembatan untuk menerangi menara berbentuk X dengan warna yang berbeda untuk tanggal peringatan atau untuk acara khusus.
5. ST ANTHONY FALLS BRIDGE
St Anthony FallsBridge, yang dibuka pada bulan September 2008.
Jembatan gelagar kotak ini benar-benar adalah keajaiban teknik modern. Ini dibuat dengan beton kinerja tinggi, yang memberikan kekuatan besar dan menghambat korosi. Lebih dari 15 juta pound (6,8 juta kilogram) dari baja semua itu dilapisi dengan epoxy untuk mencegah baja dari semakin lemah dan rapuh, memperkuat beton. Pada saat yang sama, tertanam 323 sensor di jembatan substrat terus-menerus memantau integritas struktur, pengumpulan data yang dapat dianalisa untuk menentukan titik tekanan yang tidak biasa atau bintik masalah lainnya.Sementara itu membentuk dasar yang kuat, beton juga membersihkan udara. Itu karena dibuat dengan semen yang mengandung TX Aktif, agen yang, di hadapan cahaya, polusi udara rusak, termasuk karbon monoksida, oksida nitrogen dan benzen.
4. DENEVEU CREEK BRIDGE
Beton, gabungan keras dan berpori semen, pasir, agregat dan kerikil, membentuk landasan jembatan yang paling. Insinyur menggunakan bar baja, juga dikenal sebagai pasar ini, untuk memperkuat kekuatan tarik beton.
Sayangnya, pasar ini baja dapat menimbulkan korosi bila terkena air tawar atau air asin, yang dapat menyebabkan stress dalam beton. Salah satu metode untuk mencegah keausan ini dan air mata melibatkan lapisan rebar dengan epoxy untuk melindungi baja dari bahan kimia korosif. Tetapi para ilmuwan di University of Wisconsin-Madison telah mengembangkan solusi lain – yang memperkuat matriks terbuat dari polimer baru yang diperkuat serat. Karena non-logam, material polimer tidak akan menimbulkan korosi, yang berarti beton tetap kuat lebih lama.
Tes dunia nyata pertama dari beton yang baru dan lebih baik adalah DeNeveu Creek Bridge, 40-meter (131 kaki) terbentang sepanjang Highway 151 di Fond du Lac, Wis. Mengemudi di atas jembatan, anda tidak akan tahu ada sesuatu khusus tersembunyi di dalam jembatan gelagar kotak mencolok. Tetapi hasil yang nyata akan datang jauh ke masa depan. Dek jembatan cukup tahan lama terakhir setidaknya 75 tahun, sedangkan yang paling deck jembatan tradisional terakhir antara 30 dan 40 tahun sebelum perlu diganti. Itu berarti DeNeveu Creek Bridge, selesai pada tahun 2005, mungkin tidak memerlukan pemeliharaan yang signifikan sampai 2080!
3. ØRESUND BRIDGE
Jembatan ini menghubungkan swedia dengan denmark melalui selat Øresund, yg bsa d akses dgn mobil dan kereta.
Jika Anda melakukan perjalanan dari Kopenhagen ke Malmö, Swedia, hal pertama yang Anda jumpai adalah sebuah terowongan terendam 2,5 mil (4 km) panjang. Kembali di permukaan laut, Anda muncul dari terowongan ke Peberholm, sebuah pulau buatan Denmark. kabel-jembatan peregangan selama 5 mil (8 kilometer) dan berakhir di tanah Swedia.
Ini adalah kabel terpanjang di dunia-jembatan untuk kedua jalan dan kereta api. tinggi Menara nya adalah 669 kaki (204 meter) dan memberikan clearance navigasi dari 187 kaki (57 meter) di bawah span utama.Jembatan ini memiliki dua tingkat, dengan kereta api berjalan sepanjang dek bawah dan jalan di atas.
2. AKASHI KAIKYO BRIDGE
The Akashi Kaikyo Bridge dibuka pada 1998 dan mengejutkan dunia dengan ukuran epik-nya. Ini mencakup 2.4 mil (3,9 kilometer) di Selat Akashi. dgn menara penghubung 928 kaki (283 meter) di atas air, dan kabel yang membawa kekuatan tarik dari 132.000 ton. ini mrupakan jembatan gantung terpanjang, dengan menara tertinggi di dunia. Apa yang membuat Akashi Kaikyo Bridge bahkan lebih menakjubkan ? pda saat gempa taun 1995 yg melanda jepang dgn kkuatan 7.2 SR, jembatan ini hanya bergeser 80cm, dan tdk murusak jembatan.
1. CHESAPEAKE BAY BRIDGE-TUNNEL
Dua jembatan span Chesapeake Bay, sebuah muara lama terjepit di antara Virginia dan Maryland . Yang pertama adalah Chesapeake Bay Bridge, sebuah span-dual, 4,32 mil (6,95 kilometer-) jembatan panjang yang menghubungkan pantai timur dan barat Maryland. nama resmi jembatan ini yang kedua adalah Lucius J. Kellam, Jr Bridge-Tunnel, lebih dikenal sebagai Chesapeake Bay Bridge-Tunnel.
Seperti namanya, serangkaian jembatan dan terowongan untuk rentang 17 mil (27,4 kilometer) memisahkan Cape Charles dan Virginia Beach , Virginia. Mayoritas kompleks jembatan-terowongan di atas air, didukung oleh lebih dari 5.000 dermaga.
Ketika kompleks jembatan-terowongan asli dibuka pada tahun 1965, ia memenangkan penghargaan American Society of Civil Engineers untuk “Prestasi Engineering Posisi.” Ia juga ditunjuk “Salah satu Tujuh Keajaiban Dunia Teknik Modern” pada tahun 1965. Tiga puluh tahun kemudian, insinyur mulai dibangun pada link kedua (sisi selatan), yang dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1999.
0 comments:
Post a Comment